Ayo Menulis

Telah banyak As Shufi pos kan tentang manfaat menulis dan sekarang baru orang manfaat menulis seperti berikut :

Meningkatkan IQ Anda

Sebuah laporan oleh University of Victoria menyatakan bahwa menulis merupakan bagian dari pembelajaran bahasa dan memiliki korelasi positif dengan kecerdasan seseorang. Menulis buku harian juga merupakan cara yang baik untuk belajar eksplorasi bahasa dan meningkatkan kosakata.

Meningkatkan memori

Ada hubungan yang unik antara tangan dan otak, ini juga dipicu oleh penggabungan pikiran dan ide. Kata-kata merupakan representasi dari ide-ide, dan apa yang ditulis dalam buku harian dapat memperkuat informasi yang sebelumnya tertutup.

Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi. Buku harian merupakan wadah yang tepat untuk menuangkan emosi dan meningkatkan kesadaran diri.

Lebih disiplin

Saat memutuskan untuk rutin menulis jurnal, baik itu pagi sebelum beraktivitas, di tengah aktivitas, atau saat malam sebelum tidur, merupakan sebuah tindakan disiplin. Menjadi disiplin dari hal kecil seperti menulis jurnal akan memberikan efek domino pada kedisiplinan dalam hal lain.

Meningkatkan kreativitas

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa cara paling tepat untuk menulis dengan baik adalah dengan teruslah menulis. Menulis secara teratur dapat membantu Anda untuk memproses dan mengomunikasikan ide-ide yang kompleks secara efektif.

Saat menulis sebuah pengalaman, kegiatan tersebut tak hanya membuat Anda menuliskannya, namun dapat dimanfaatkan untuk melihat peluang yang mungkin belum jelas pada pandangan pertama. Hal ini juga membantu Anda belajar untuk mengorganisir informasi.

Pada awalnya, menulis jurnal mungkin terasa membosankan dan Anda akan bingung harus menulis apa, namun lama kelamaan Anda akan menemukan ide untuk menulis banyak hal.

Pengingat kegagalan dan kesuksesan 

Menulis secara rutin dapat menjadi pengingat kesalahan dan prestasi yang telah Anda buat. Tulislah segala kesalahan dan keberhasilan dalam jurnal, nantinya tulisan tersebut akan berguna untuk menganalisis apa yang seharusnya dilakukan dan tidak.

Selain itu, mencatat prestasi dan momen-momen hebat dalam diri Anda akan membuat Anda menghargai segala hal yang telah dilakukan.

Penyembuhan

Menulis ekspresif merupakan cara yang bisa digunakan untuk penyembuhan emosional, fisik, dan psikologis. Dr James Pennebaker, penulis buku Writing to Heal melihat bahwa peserta latihan menulis meningkat fungsi kekebalan tubuhnya.

Sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa pelepasan emosional saat menulis buku harian dapat menurunkan kecemasan, stres, dan membuat Anda dapat tidur lebih baik.

Comments