Kedamaian Rahmatanlilalamin

Kedamaian itu ada dua macam ditinjau dari sifatnya yaitu kedamaian individu dan kelompok. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa seluruh umat manusia harus memiliki agama yang sama baru bisa menggapai masyarakat madani padahal konsep pikiran inilah yang keliru dan akan sulit mewujudkannya. 

Pertama kedamaian itu tidak didapat dari tindakan parsial kita. Tindakan memisah-misahkan keadaan dan kondisi bolehlah terjadi jika hal itu menyangkut individu tetapi disaat kita sudah melihat lebih dari satu orang maka harus ada pakemnya yaitu rahmatan lil alamin. 

Islam maupun agama lain memiliki konsep yang sama dalam arti kedamaian hanya saja penganutnya masih keliru saat menghadirkan kedamaian individu ke dalam masyarakat. Masing-masing oknum memaksakan ajarannya yang dogmatis untuk mewujudkan tujuan tersebut. Jadi apa solusinya?

Kedamaian Rahmatanlilalamin itu diperoleh dari penyatuan seluruh kemampuan tindakan untuk memberi dan berbagi. Jadi didalamnya sudah tidak ada lagi embel-embel nama suatu agama tapi mewujud dalam energi satu yaitu cinta. Formula ini telah lama ada dalam budaya Islam dan agama yang lain hanya saja masih kabur dalam implementasinya. 

Ingin merasakan kedamaian global maka tidak ada salahnya kita mendamaikan diri dulu dengan sebuah metode cinta pula. Mencintai hal yang tidak ada batasnya yaitu Tuhan lalu hal ini terpatri pada semua ciptaan maka engkau pastinya menjaganya baik secara fisik maupun bathin. 

Semoga Islam menghadirkan kedamaian Rahmatanlilalamin di dunia ini maupun di akhirat. 

Salam damai. 
Islam : keselamatan

Comments