Kualitas Hati

Realitas manusia sering dianggap hanya sekedar individu tunggal belaka di dunia ini. Tak ada yang menyaingi kecerdasan manusia selain dirinya sendiri sehingga disaat diperhadapkan dengan sumber negatif, diri manusia pun tak mampu menjawab tantangan tersebut. Ya...inilah dilema manusia.
Manusia diambang kepunahan akhlak dan budi pekerti. Dimana batas waktu di masa lalu tampil kembali di masa sekarang. Para ahli mengatakan manusia sekarang ini sedang krisis moral namun kembali hal itu hanya sebatas wacana dan masalah. Belumlah ada solusi yang mampu mengikat hal tersebut.

Para pembicara akhirnya mengangkat wacana bahwa kualitas hatilah sebagai solusi dalam permasalahan ini. Banyak nada serupa diungkapkan dan menjadi obat penyejuk jiwa namun bersifat sementara. Kita masih menginginkan obat yang paten. Kita membutuhkan banyak nutrisi jiwa untuk menekan krisis ini. Harus ada metode untuk memproduksi salah satu enzim dalam otak kita untuk menenangkan tingkat stresnya hidup.

Metode apakah itu? Nutrisi apakah itu? Kualitas hati memang menjadi kunci dari masalah masyarakat sekarang ini. Karena dari hatilah produk sikap dan sifat tercermin jelas. Perkataan dan perbuatan secara auto terlahir dari hati ini. Saatnya kita menemukan metode yang tepat.

Saat ini dalam setiap agama terdapat metode tertentu yang dinamakan meditasi untuk menurunkan tingkat tekanan hidup seseorang. Meditasi bisa secara umum maupun secara spiritual menurut keyakinan masing-masing. Meditasi akan menajamkan mata dan pendengaran batin. Pendengaran dan penglihatan fisik hanyalah indra penerima sementara namun yang akan mengolahnya adalah yang bertempat di batin yang semuanya di kontrol dari hati. Hati letaknya di jantung fisik manusia. Hati adalah verbal batinnya jantung yang berdetak secara otomatis. Jika detakannya mampu terkontrol baik melalui Sang Penguasa Hati maka tenanglah jiwa kita. Berkualitaslah hidup kita.

Butuh proses untuk menjadikan hati berkualitas namun jangan menyerah. Teruslah berusaha. Ajarkan pikiranmu untuk mengenal ketenangan. Ciptakan ketenangan itu dimana saja dan kapan saja. Mulailah hari ini, dan semoga hati kita semua berkualitas. Amin.

Comments