Tambatkan Hatimu pada Samudra yang Luas


Hidup di dunia akan menjadi indah di saat masalah itu kita lihat kecil namun sanggupkah batin mengkondisikan diri pada kemampuan tersebut? Pastilah setiap anak cucu adam akan merasakan kegetiran hidup dimana masalah demi masalah akan menghimpit hidup setiap orang. Masalah itu adalah pengisi hidup manusia. Maka dari itu, marilah kita tambatkan hati kita pada samudera yang luas.Mengapa harus demikian? Agar kita siap menerjang segala masalah dengan baik dan mandiri. Diusia berapa pun kita, masalah itu telah dikenali oleh hati kita. Hanya saja apakah hati kita telah berpenghuni kebaikan atau tidak? Kebaikan disini maksudnya adalah hikmah yang benar dimana siapa pun yang memiliki hati itu akan menjadi bijak dan adil di muka bumi ini.

Samudra yang luas hanyalah ibarat sebuah tambatan yang takkan habis dipakai jika masalah terus meradang kita. Samudera mampu melarutkan apa saja didalamnya dengan cara menenggalamkan hingga ke dasar laut. Begitu pun masalah harus dilarutkan dengan tepat agar menghasilkan solusi langsung dari hati. Karena solusi dari hati akan menjamin ilmu pengetahuan di masa akan datang tentang keberadaannya.

Setiap orang bebas memilih dimana hatinya akan ditambatkan tetapi keraguanlah menjadi musuh terbesar para pemikir. Untuk itu, tambatan yang tepat akan menghindarkan kita dari keraguan yang nyata.

Comments