Bersyukur mengubah segalanya

Hidup di dunia hanya sebentar saja jika kita tidak menyadarinya dengan perasaan syukur. Ungkapan terima kasih akan menjadikan hidup singkat itu terasa lama sekali karena total perasaan kita senantiasa mensyukuri setiap detik hidup ini. Saya pun baru merasakan energi syukur ini mampu mengubah segalanya. Tata cara bersyukur tidak perlu metode khusus, cukup mengatakan "terima kasih" itu sudah mewakilinya namun harus dibarengi perasaan dan pikiran yang bebas dan lepas, tidak keinginan lain di dalamnya selain menerima berkah setiap saat dengan tangan terbuka dan kita tidak mampu membalasnya selain ucapan itu.
Anda menginginkan materi di dunia ini? Dengan mengsyukuri keadaan dan materi yang ada maka bersiaplah Tuhan akan memberikan yang lebih. Allah swt berfirman dalam Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Syukur itu adalah tindakan sengaja yang dilakukan dan pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal. Syukur itu meliputi keberadaan materi disekitar kita, hubungan relasi yang baik dan masih banyak lagi.

Syukur biasa kita sandingkan dengan sabar padahal ini harus kita koreksi. Sabar adalah salah satu bentuk dari syukur yang ekstrim. Namun hal itu bisa kita hindarkan dengan mengutamakan syukur di setiap hal-hal sekecil apa pun. Lihatlah kebaikan dari sebuah kondisi lalu syukurilah maka yang lain itu telah Anda tempatkan pada posisi sabar.

Untuk apa bersyukur?

Itulah konsep magic dari kehidupan ini. Dengan bersyukur atas apa pun akan membuat kita seperti magnet, menarik semua kebaikan, harta dunia, relasi yang baik dan semua cinta di dunia dan akherat kelak. Maka dari itu, mulai saat ini, berterima kasihlah kepada semuanya, kepada manusia yang telah maupun akan Anda beri dan terima kebaikan, kepada alam, kepada binatang dan kepada siapa pun, terutama kepada Allah SWT setiap Anda selesai ibadah Sholat.

Salam syukur.


Comments