Telitilah dalam setiap Perbuatan kita

Allah SWT senantiasa memberikan kita banyak petunjuk bagaimana cara hidup di dunia ini agar bisa selamat hingga ke akherat nanti. Salah satunya adalah teliti dalam berbuat. Hal ini tercantum dalam surah Annisa Ayat 94 sbb :


Wahai orang orang yang beriman! Apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah (carilah keterangan) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan “salam” kepadamu, “Kamu bukan seorang yang beriman”, (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan dunia, padahal di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah memberikan nikmat-Nya kepadamu, maka telitilah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.
Banyak hal yang bisa terjadi pada setiap perubahan sikap kita. Perubahan sikap tergantung pada tingkat ketelitian kita pada suatu permasalahan di depan mata. Teliti dalam kasus ini adalah hilangnya sikap terburu-buru dan ingin cepat selesai sehingga tingkat pemeriksaan menjadi berkurang.

Kita semua pasti tidak ingin terjerumus dalam kegagalan diakibatkan oleh kesalahan diri sendiri, maka dari itu ketelitian harus menjadi prinsip kerja dalam dalam setiap masalah terutama dalam mengambil keputusan. Good luck.

Comments