Mencoba Mengenal Diri

Hubungan merupakan inti dari keberadaan manusia. Jika Anda memahami orang lain dalam hidup Anda, Anda akan mengembangkan hubungan yang lebih baik dan lebih positif dengan mereka. Memahami orang berarti mengetahui bagaimana bereaksi kepada mereka dalam situasi tertentu, yang mengarah ke hubungan manusia yang baik. Memiliki hubungan manusia yang baik adalah seni hidup baik.

Tapi pemahaman orang lain di sekitar Anda mungkin tidak mudah, terutama jika Anda tidak mengerti diri Anda terlebih dahulu. Dengan memahami diri sendiri lebih baik, Anda mungkin dapat berhubungan lebih baik untuk orang lain dalam hidup Anda. Oleh karena itu, kunci untuk seni hidup yang baik adalah mengetahui diri Anda terlebih dahulu.

Mengapa mengetahui diri Anda begitu penting?

Di atas pintu sebuah kuil Yunani kuno ditulis kata-kata "Kenali Diri." Pentingnya kata-kata adalah: Mengetahui diri Anda terlebih dahulu! Jika Anda mengenal diri sendiri, Anda bahkan tidak perlu meminta oracle untuk prediksi masa depan Anda. Artinya, jika Anda tahu sendiri, Anda bisa menjawab semua pertanyaan Anda sendiri dalam hidup. Jika ini kasusnya, mengapa repot-repot meminta dewa? Hanya bertanya pada diri sendiri - Anda memegang jawaban atas semua pertanyaan Anda dalam hidup.

Siapa Anda? Itu adalah pertanyaan Anda harus bertanya pada diri sendiri dulu, daripada apa yang akan terjadi pada hidup Anda.

Pencipta Anda telah menciptakan Anda untuk siapa Anda dan apa Anda. Nilai Anda berada di dalam dirimu, seperti Ann Frank berkata, "nilai manusia tidak terletak pada kekayaan atau kekuasaan, tetapi dalam karakter atau kebaikan." Jika Anda percaya pada kebaikan dalam diri Anda, Anda akan tahu bagaimana memperlakukan individu lain yang Anda temui dalam hidup Anda. Jika Anda mengenal diri sendiri, Anda akan tahu apa yang orang lain inginkan. Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet, pernah ditanya oleh wartawan bagaimana dia sehingga dapat dengan mudah dan langsung berhubungan dengan orang dari budaya yang berbeda, agama, dan latar belakang. Ia segera menjawab bahwa ia "hanya menghadapi sesama manusia dengan keinginan yang sama untuk menjadi bahagia dan untuk menghindari penderitaan sebagai diriku sendiri." Dengan kata lain, kesadaran akut kebutuhan dan keinginan setiap individu.

Memang, jika Anda tahu diri Anda cukup baik - untuk tahu siapa Anda dan apa yang Anda inginkan dari hidup - Anda akan tahu bagaimana menghadapi orang lain dengan kebutuhan yang sama dan keinginan seperti milik Anda. Pada dasarnya, memperlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Masalah dengan banyak dari kita adalah bahwa kita tidak tahu diri kita sendiri, dan karena itu kita tidak tahu orang lain. Akibatnya, kita tidak tahu bagaimana bereaksi dengan tepat dalam keadaan tertentu, atau bagaimana memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan.

Lalu, bagaimana Anda mengenal diri sendiri? Cara terbaik untuk mengenal diri sendiri adalah dengan bermeditasi. Meditasi adalah proses mental di mana pikiran Anda berfokus pada sesuatu yang sepertinya tidak penting dan tidak relevan, seperti pernapasan Anda, sehingga Anda dapat menjelajahi pikiran bawah sadar Anda untuk mengetahui kebutuhan nyata dan prioritas dalam hidup. Banyak agama menganjurkan praktek meditasi sebagai sarana untuk mencerahkan pikiran dan meningkatkan spiritualitas.

Meditasi adalah mudah untuk praktek: hanya memerlukan disiplin dan ketekunan. Menggunakan meditasi untuk mengenal diri sendiri, sehingga mengetahui orang lain dalam hidup Anda. Mengetahui diri Anda sendiri mengejutkan dapat memecahkan banyak masalah kehidupan Anda.

Comments

  1. Excuse me, but that picture you're using without asking the photographer is mine, and it is also me in the picture. Please remove it.

    ReplyDelete
  2. Thanks Sabibe, i had was deleted your pictur.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih untuk masukannya di blok kami.
Assalam-Ashufi