Bangganya migrain karena banyak berpikir

Hahaha..artikel ini terinspirasi dari kata pegawai saya saat curhat kepadanya bahwa saya sudah dua hari ini migrain dan dia bilang itu karena saya banyak pikir hehehe, bangga juga sih, karena posisi saya memang harus banyak berpikir. Padahal ini karenakan akhir-akhir ini saya banyak makan yang mengandung vitsin (MSG=monosodium glutamat).

Entah kenapa, kalau tersentuh sama itu makanan pasti efeknya cepat terlihat. Mulai dari makanan instan seperti mie sampai nasi goreng selalu saja terdapat bahan kimiawi ini. Pilihan yang sulit juga sih, mau makan ada penyakitnya, tidak dimakan kasian juga sih, dan inilah efeknya, migrain (sakit kepala sebelah).

Penyebab utama migrain hingga saat ini belum diketahui dengan jelas. Para ahli memperkirakan migrain terjadi akibat adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi.

Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamsinya maka semakin berat juga migrain yang diderita.
Secara garis besar, migrain terjadi akibat :

1. Kekurangan nutrisi dan kurang tidur
2. Terkena cahaya yang terlalu terang atau suara yang terlalu bising
3. Berubahnya hormon saat menstruasi
4. Stress
5. Perubahan cuaca yang drastis
6. Banyak mengkonsumsi minuman berkafein, dan beralkohol
7. Memakan makanan yang mengandung MSG atau nitrat
8. Merokok

(sumber : http://www.lifestyle.dnaberita.com/14%20jun%2009%20Penyebab%20%20Migrain.php)

Pas kan? bahwa migrain saya derita karena alasan nomor 7. Makanya kawan-kawan sekalian, hindari kedelapan pantangan diatas agar tidak se menderita seperti saya. Tetap berjaya dengan tubuh yang sehat.

Comments